ARTIKEL

ANC Terpadu

Hai #SobatSidul,

Perlu dipahami, bahwa setiap wanita hamil mempunyai resiko komplikasi dan berhak mendapatkan akses terhadap pelayanan asuhan kehamilan, persalinan, dan nifas yang berkualitas. Bahkan wanita yang masuk dalam kelompok dengan resiko rendah bisa saja mengalami komplikasi. Sehingga pelayanan antenatal sudah selayaknya dilaksanakan secara komprehensif, untuk memastikan bahwa kehamilan berlangsung normal, mampu mendeteksi dini masalah dan penyakit yang dialami ibu hamil, melakukan intervensi secara adekuat sehingga ibu hamil siap untuk menjalani persalinan normal.

Salah satu upaya yang diharapkan dapat mendukung upaya tersebut adalah dengan melaksanakan pemeriksaan kehamilan melalui Antenatal Care Terpadu Berkualitas dengan menggunakan berbagai sumber daya yang tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Dengan pelayanan ANC terpadu tersebut, ibu hamil didorong untuk melengkapi pemeriksaan kehamilan oleh dokter umum, pemeriksaan gigi, pemeriksaan laboratorium, konseling serta pemberian asam folat.

Di dalam melakukan pemeriksaan antenatal, tenaga kesehatan memberikan layanan ter-standar dengan 10 T :

1. Timbang berat badan dan ukur tinggi badan
2. Ukur tekanan darah
3. Ukur lingkar lengan atas / LILA ( Nilai status gizi )
4. Ukur tinggi fundus uteri
5. Tentukan presentasi janin dan denyut jantung janin ( DJJ )
6. Skrining Status Imunisasi Tetanus dan berikan Imunisasi Tetanus Toxoid ( TT ) bila diperlukan.
7. Beri Tablet tambah darah ( Fe )
8. Periksa laboratorium( rutin & khusus )
9. Tatalaksana / penanganan kasus
10. Temu wicara ( konseling )

Jadwal Pelayanan Ibu Hamil, untuk ANC Terpadu di Puskesmas induk (Puskesmas Sidorejo Kidul) dibuka setiap selasa dan Rabu, sedangkan pelayanan ibu hamil di Pustu Nanggulan dibuka setiap Selasa. Pelayanan ini gratis untuk seluruh Ibu Hamil ber-KTP Kota Salatiga, tanpa melihat faskes BPJSnya.

Untuk Ibu hamil yang akan melakukan pemeriksaan baik di Puskesmas Sidorejo Kidul maupun Pustu Nanggulan wajib membawa persyaratan berupa Fotokopi KK, fotokopi BPJS, dan Buku KIA (jika sudah punya).

#ANCTerpadu
#PelayananIbuHamil
#Promkes_Sidul